Posted by Unknown | File under :

Pola pengajaran bahasa Inggris yang telah diterapkan di SMP saat ini tidak terarah pada pelatihan penguasaan baca, di SMP atau MTs. Latihan terpusat pada pekerjaan menyelesaikan soal-soal tata bahasa, menghafalkan dan membuat dialog-dialog singkat, serta menjawab pertanyaan guru dengan menggunakan bahasa Inggris. kalau yang paling diperlukan oleh siswa adalah kemampuan baca, mengapa
potensi tidak diarahkan saja? Jujur diakui bahwa sedikit sekali lulusan SMU saat yang mengusai keterampilan berbahasa Inggris dengan baik. Jika demikin kenyataan yang ada, mengapa tidak bisa dijadikan saja keterampilan membaca sebagai tujuan penguasaan?
Dengan mengedepankan membaca sebagai sarana pengusaan tidak terlalu banyak lagi latihan-latihan tata bahasa yang harus diberikan, menghafal atau membuat dialog-dialog bisa dihilangkan. Penggunaan medium of instruction juga tidak perlu dalam bahasa inggris.
Dengan demikian potensi pengajaran dapat sepenuhnya di arahkan kepada:
a.    Memberikan latihan-latihan bacaan sebanyak-banyaknya dengan mengambil teks-teks, topik atau cerita-cerita pendek yang bervariasi denganh menarik.
b.    Mengembangkan penguasaan kosa kata para siswa sebanyak-banyaknya dan memberikan latihan menyangkut sinonim dan antonim.
c.    Latihan para siswa membaca cepat (scanning)
d.    Mengembangkan kemampuan siswa di dalam membuat kesimpulan penting dari sebuah teks atau cerita.
Mengamati kemampuan membaca teks berbahasa Inggris di SMP, MTs atau SMU bahasa inggris. Beberapa latar belakang yang menyebabkan kurang memadainya, kiranya perlu melihat kebelakang dan melakukan analisis terhadap proses pembelajaran, mampuan membaca ini antara lain menyangkut para siswa sendiri, metode pangajaran, alokasi waktu yang tersedia serta bahan ajar yang dipakai selama ini.
Untuk meningkatkan potensi pengajaran bahasa Inggris terutama dalam penyebutan (pronunciation) kita menggunakan software. Software ini dilengkapi dengan ”recognition technologi” terkini mampu memberikan feedback secara visual yang dapat menganalisa suara anda dan mampu memberikan respon (feedback) yang menujukan kekeliruan atau kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dan memberikan saran atau trik-trik praktis sehingga kemampuan komunikasi bahasa Inggris akan menjadi sangat lebih baik[1]. Recnition technologi  yang ada pada software ini akan memberikan kepada siswa berlati kata yang mengadung vokal yang mirip dengan vokal kata yang sulit diucapkan .


[1] Article, WWW. Google. Com.

0 komentar:

Post a Comment